Jumat, 18 Februari 2011

Kenapa Jadi Orang Terlalu Baik Bisa Merugikan

Semua hal positif yang 'terlalu' memang bisa menjadi bumerang. Salahsatunya adalah sikap yang terlalu baik. Menurut penelitian, menjadi seseorang yang terlalu baik dapat merusak kehidupan pribadi dan profesional Anda. Hasil studi menyatakan, sikap terlalu baikbisa menghambat seseorang untuk maju, dan mudah dipermainkan oranglain. Masalahnya, dibandingkan pria, lebih banyak wanita yang memilikikepribadian terlalu baik ini. Mengapa?
"Wanita dibesarkan dandilatih untuk menjadi pribadi yang selalu baik dan melakukan hal-halyang seharusnya dijalani. Mereka kurang dilatih untuk bersikap tegas,"kata Kiki Weingarten, dari perusahaan konsultan karir, DLC ExecutiveCoaching and Consulting, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Shine.
Weingartenmenambahkan, ketegasan bukan berarti menjadi jahat, kasar atau konotasinegatif lainnya. "Ketegasan berarti mampu berdiri sendiri dengankemampuan yang dimiliki tanpa menyakiti orang lain atau menjadi jahat."
MenurutCraig English, salah satu penulis "Anxious To Please: 7 RevolutionaryPractices For The Chronically Nice", Anda termasuk orang yang terlalubaik apabila :
1. Anda sering merasa khawatir terhadap suatu hal, dan itu tampak normal
2. Anda sering tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan
3. Anda sering minta maaf padahal tidak melakukan kesalahan
4. Keadaan emosi Anda mengikuti pasangan (jika pasangan Anda tidak bahagia, Anda juga tidak bahagia).
5. Anda tidak dapat mempertahankan perasaan romantis, dan bahkan tidak bisa memulainya
6. Anda selalu merasa merindukan sesuatu/seseorang.
Weingartenmengatakan sebanyak 99,9 persen dari klien wanitanya mengalami masalahsama, yaitu memiliki pribadi yang terlalu baik. Ia menyarankan untukbelajar mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan, bukan langsungberpikir: "Tetapi dia ingin aku melakukan.... " atau "Mereka tidak akanmenyukaiku jika...".
Sebenarnya bukan masalah besar jikamengecewakan seseorang. Tetapi, hal yang harus dipelajari adalahmenerima atau bertoleransi dengan reaksi orang lain yang tidak puasatau tidak menyukai Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar